RSS Feed
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

MITRA
image

ANGKRINGAN NAMBAH TERUS SEMARANG

WELCOME

PARIWISATA
image

GO JATENG GAYENG 2018

INFO REDAKSI
image

Pimred Koran Suara Rakyat

ANDI TRIS SN


Silahkan Hubungi Kami
Kategori
Arsip
HOBY
image

Komunitas Mobil HBC

MITRA
image

LBH LINDU AJI

SAIKI JAM

Lapangan Golf Klipang Dijual Pejabat Pemprov '' Bancaan ''

image

KSR.COM, Semarang(Semprawut) – Proses penjualan beli lapangan golf klipang yang merupakan asset milik Pemprov Jateng, diteggarai kental dengan aroma penyewaan . diduga , uang pembayaran yang diberikan pemenang tender tidak sepenuhnya masuk ke rekening Kas daerah (Kasda).

Hal ini ditegaskan anggota komisi C DPRD Jateng Prajoko Haryanto. Dari total dana sebesar Rp 92 miliar yang dibayarkan pemegang tender , hanya sekitar Rp 70 miliar yang masuk kerekening daerah.

Dari pemegang tender telah membeli lapangan golf tersebut dengan nilai Rp 92 miliar , tapi uang yang masuk ke bank BPD Jateng hanya sebesar Rp 70 miliar . lha sisanya ke mana ? ini yang sekarang sedang kita usut , “tegasPrajoko.

Prajoko menduga , uang tersebut ada yang “mampir” ke salah satu pejabat. Namun ketika dikonfirmasi lebih jauh , prajoko enggan menyebutkan siapa orang dimaksud.

“Setidaknya terdapat uang sebesar Rp11 miliar yang diduga tidak jelas ke mana larinya. Perinciannya dari Rp 92 miliar dikurangi Rp70 miliar yang ada di Bank BPD Jateng, serta dipotong bagian untuk pengembangan sebesar Rp 4 miliar dan pajak sebesar Rp 7 miliar ,” tukas Prajoko.

Prajoko menambahkan, saat ini para pihaknya sudah mendesak kepada pimpinan komisi dan pimpinan dewan, untuk segera melakukan pertemuan dan memanggil semua pihak terkait. Selain itu, juga mendesak dibuatnya panitia khusus (pansus) atau panitia kerja (panja) untuk mengusut masalah tersebut.

Lapangan golf klipang telah dijual kepada pihak swasta melalui proses lelang tender, dan saat ini telah dimenangi oleh salah seorang pengusaha jamu ternama. Dulunya, lapangan golf seluas 52,67 hektar tersebut dibeli oleh Pemprof Jateng dengan menggunakan dana Bank BPD Jateng.

 

Nutupi Kredit Macet

 

Bank Jateng, Haryono, menambahkan keras pemberian penjualan Lapangan Golf Klipang milik Pemprov Jateng. Dari penjelasannya, Lapangan Golf Klipang tersebut sebenarnya asset jaminan dari nasabah yang tidak bisa memenuhi kewajibannya.

“Itu bukan milik Pemprov, tapi merupakan tanah milik nasabah kita yang macet dan menjaminkan tanah tersebut. Untuk bisa menyelesaikan kewajibanya, karena sanpai saat ini belum bisa menyelesaikan ,maka jaminan tanahnya itu kita jual.Lha dijual untuk apa ? ya tentunya   untuk menyelesaikan kreditnya yang macet,” ujar Haryono.

Menurut Haryono, penjualan lapangan golf tersebut sudah selesaidengan prosedur lelang terbuka yang benar dan pembayarannya juga sudah diselesaikan.

“Lapangan Golf Klipang itu dijual Rp 74,1 miliar. Dan itu sudah selesai dengan prosedur lelang yang benar, kita lelang terbuka dan ditanyakan pemenangnya. Untuk pemenangnya saya nggak tahu siapa namanya, katanya dari Jakarta,” ujarnya.

Keterangan Haryono ini masih penuh misteri sebab haryono tidak mau terbuka menyebutkan nama pemenang lelang dan lembaga lelang tersebut. Padahal haryono sudah mengaku telah dijual seharga Rp 74 miliar.

Disinggung, soal penjualan lapangan golf tersebut diserahkan sepenuhnya kepada lembaga lelang swasta nasional yang cukup terkenal.

“Yang pasti pembayarannya sudah diselesaikan. Apalagi, lapangan golf tersebut masih memiliki banyak kewajiban-kewajiban dari pihak ketiga yang belum terselesaikan karena menunggu hasil penjualan ini. Lha ini penjualannya sendiri sudah selesai awal April lalu,”imbuhnya.

Sebelumnya , sempat diberikan bahwa penjualan lapangan Golf tersebut tidak wajar. Anggota Komisi C DPRD Jateng, Prajoko Haryanto, mengatakan bahwa pemenang lelang telah membayar sejumlah dana sebesar Rp 92 miliar, namun yang masuk ke Bank Jateng hanya sebesar Rp 70 miliar.

Dengan adanya hal tersebut, Prajoko mempertanyakan sisa dana pembayaran tersebut. Dirinya bahkan mendesak kepada pimpina dewan dan pimpinan komisi untuk segera memanggil pihak-pihak yang terkait dengan penjualan lapangan golf tersebut.

Apakah keterangan Haryono yang menyebutkan laporan golf tidak milik pemprov tapi milik nasabah Bank Jateng? Siapa nama pemenang lelang dan nama lembaga lelang serta saja nama pejabat yang “Bancaan” lapangan golf itu? Ikuti Investigasi kami edisi berikutnya.(TIM)

Mon, 16 Sep 2013 @11:12

Copyright © 2020 PCD TECH · All Rights Reserved